Curug Cikuluwung : Wisata Tersembunyi di Kabupaten Bogor

2 min read

curug cikuluwung

Curug Cikuluwung merupakan salah satu destinasi tujuan favorit para wisatawan Kota Bogor. Pasalnya, wisata ini memiliki keindahan dan kesejukkan yang banyak dicari oleh wisatawan pada saat musim kemarau.

Sekilas Tentang Curug

tebing di curug cikuluwung
curug cikuluwung, sumber : qubiz

Curug ini merupakan curug baru yang dibangun pada tahun 2016 namun memiliki keindahan dan daya tarik yang sama seperti curug lain yang dibangun sebelumnya. Lokasi cukup eksentrik yaitu memiliki alamat di Kampung Sukaasih, Cibitung Wetan, Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Curug ini memiliki aliran yang tidak cukup deras dan memiliki tiga kolam yaitu kolam yang tidak boleh digunakan untuk berenang, kolam dengan ketinggian 1,2 sehingga bisa untuk berenang, dan kolam dengan ketinggian 1,5 dapat digunakan untuk berenang.

Baca juga

Wisata Curug Leuwi Hejo Bogor

Rute Menuju Lokasi Curug

Rute yang harus dilewati jika ingin ke curug ini lumayan jauh dan melewati jalan yang cukup curam. Jika Anda dari Kota Bogor maka Anda harus pergi ke Dramaga – Cikampak – Cibatok – Cemplang – Gang Gardu – Sungai Cikuluwung.

Dari sana, Anda akan melihat sebuah papan petunjuk yang akan membawa Anda ke wisata Cikuluwung. Kurang lebih waktu 10 menit dan Anda bisa sampai ke sana dengan melewati perkampungan dan ke loket Wisata Cikuluwung.

Tips jika Anda ingin sampai dengan selamat dan berlibur dengan nyaman saat mengunjungi Curug ini adalah jangan membawa barang bawaan terlalu banyak karena akan memberatkan beban bawaan Anda.

Barang bawaan yang banyak akan menghambat saat Anda berjalan di sekitar area wisata karena jalannya sulit. Selain itu, gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin untuk menghindari terjadinya terpeleset saat berjalan terutama pada saat musim hujan.

Oleh sebab itu, jangan mengunjungi wisata ini pada musim hujan karena rute akan semakin sulit di tempuh karena air hujan yang menghalangi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk mendapatkan kepuasan dalam beriwisata di Cikuluwung maka Anda harus menghabiskan uang sebanyak Rp. 20.000 per orang. Selain itu, akan ada biaya parkir untuk kendaraan pribadi yang diparkir di depan rumah warga.

Dengan harga Rp. 20.000,- Anda bisa memanjakan mata, pikiran dan jiwa yang membutuhkan liburan. Selain itu, Anda bisa mengunjunginya pada jam 08.00 – 15.00 atau Anda bisa mengunjunginya pada siang hari sehingga membuat Anda merasakan kesejukannya pada saat cuaca panas.

Pesona Curug Cikuluwung

Curug ini memiliki keindahan tersendiri yang mampu menarik minat dan keinginan para wisatawan untuk mengunjunginya, yaitu:

  1. Bebatuan di Tebing Eksotis

    Salah satu hal yang menjadi kelebihan curug ini adalah bebatuannya yang mengingatkan kita pada sebuah lembah. Bebatuan ukuran besar ini sangat eksotis dan dapat digunakan sebagai spot foto utama saat berada di wisata Cikuluwung ini.

  2. Danau jernih

    Air yang mengalir pada sungai cikuluwung ini memiliki warna yang jernih dan bersih sehingga tampak terasa segar dan mengundang hasrat untuk mandi disana. Bermain air dipinggiran yang dangkal akan menambah kesan ingin berlama-lama di wisata ini.

  3. Persewaan Pelampung

    Bagi Anda yang ingin menikmati air jernih cikuluwung maka bisa menyewa pelampung untuk bermain air. Selain itu, pelampung dapat digunakan untuk menyusuri sungai yang tidak perlu Anda khawatirkan karena memiliki asuransi jiwa jika Anda membayar sejumlah uang tertentu.

  4. Dapat Melakukan Aktivitas Seru

    Beberapa aktivitas dapat Anda lakukan di wisata ini sepeti berenang, berendam, body rafting, dan cliff jumping. Pastikan keamanan dan keselamatan saat Anda melakukan beberapa hal yang bisa membahayakan. Pastikan Anda membayar harga untuk asuransi jiwa Anda.

Fasilitas Umum Curug Cikuluwung

Demi menjaga kenyamanan Anda saat berlibur maka terdapat fasilitas umum yang dapat Anda gunakan disini seperti:

  • Area parkir
  • Sewa pelampung atau sewa ban
  • Pemandu anak-anak (Tour Guide)
  • Musholla
  • Ruang Ganti
  • Kamar Mandi
  • Warung Makanan dan Minuman

Menggunakan fasilitas yang disediakan haruslah bijak dalam menjaga kebersihan untuk memastikan bahwa tidak merusak fasilitas yang ada. Bahkan ada beberapa fasilitas yang harus melakukan pembayaran setelah atau sebelum digunakan.

Jika telah memutuskan untuk berkunjung ke destinasi Cikuluwung ini maka hindari musim hujan karena akan mempengaruhi keindahannya terutama pada air yang keruh dan berwarna coklat. Oleh sebab itu, pilihlah waktu yang tepat untuk mengunjungi destinasi wisata ini.

Gallery foto curug cikuluwung

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *