Pantai Klayar : Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

2 min read

pantai klayar

Sebagai provinsi yang berbatasan dengan Bali, Jawa Timur juga memiliki beberapa objek wisata pantai yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Klayar.

Pada  awalnya tempat wisata ini  tidak terlalu dikenal oleh masyarakat, terlebih lokasinya yang agak sulit dijangkau.

Namun karena perkembangan media sosial, pantai ini mulai banyak menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Nama pantai ini semakin terkenal sejak menjadi salah satu judul lagu Campursari yang dinyanyikan oleh Didi Kempot.

Sekilas Tentang Pantai Klayar

Pantai Klayar termasuk salah satu objek wisata laut selatan, sehingga memiliki mitos yang tidak jauh dari  Ratu Pantai Selatan.

Walaupun misteri yang berkembang  tidak sekental Pantai Parangtritis, namun aturan yang ada di pantai ini wajib ditaati, yakni larangan membuang sampah sembarangan, memakai baju hijau, serta menjauhi area berbahaya yang dipercaya memakan korban.

Nama Klayar sendiri diambil dari bahasa Jawa, Klayar-kluyur yang artinya jalan-jalan, karena pada zaman dahulu pantai ini selalu menjadi tempat jalan-jalan penduduk sekitar.

Agar lebih mudah dalam penyebutannya, maka kata Klayar-kluyur disingkat menjadi Klayar.

Daya Tarik Pantai

Keindahan Pantai Klayar murni berasal dari proses perubahan alam di masa lalu, sehingga menghasilkan bentang alam yang sangat unik dan eksotis. Daya tarik yang bisa dinikmati di area ini adalah:

1. Suasana Laut Selatan

Jika Anda penasaran dengan laut selatan, maka pantai ini merupakan salah satu bagian dari lautan tersebut. Dengan demikian, Anda bisa menyaksikan deburan ombak dengan volume dan ketinggian yang sangat menakjubkan.

Namun, pengunjung tentu tidak boleh mandi di pantai ini agar tidak terseret ombak.

2. Pemandangan Karang yang Unik

Karang yang terbentuk secara alamiah di area ini sangat unik dan menjadi pemandangan yang menarik pengunjung. Batu karang di pantai ini cukup tinggi, bahkan sebagian besar memiliki bentuk mirip dengan Sphinx.

3. Celah Karang yang Menyemburkan Air

sphinx pantai klayar
sphinx pantai klayar

Masih dengan keunikan karang, selain bentuknya yang menyerupai Sphinx, ada karang menjulang yang selalu terkena ombak laut. Air dari ombak ini masuk ke celah-celah karang, untuk selanjutnya diterkam ombak berikutnya yang mengakibatkan karang menyemburkan air yang sangat tinggi.

4. Pemandangan Pantai dari Atas Tebing

Pantai Klayar dikelilingi oleh bukit dan tebing yang sangat tinggi. Beberapa tebing bisa didaki oleh wisatawan dengan menggunakan pengaman. Ketika sampai di puncak tebing, Anda bisa menyaksikan keindahan pemandangan pantai dan laut selatan dari atas.

Fasilitas Umum dan Khusus di Pantai Klayar

Toilet dan Kamar Mandi

Toilet dan kamar mandi yang disediakan di area wisata cukup bersih, sehingga nyaman bagi pengunjung. Kamar mandi yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk membilas diri setelah terkena pasir dan air laut.

Gazebo

Jika Anda berlibur ke pantai ini, maka tidak perlu khawatir kepanasan, karena ada gazebo yang disediakan untuk pengunjung berteduh ketika siang hari.

Anda tidak perlu membayar untuk bisa bersantai di Gazebo, namun banyaknya pengunjung bisa memungkinkan anda kehabisan tempat.

Penginapan Dekat Lokasi

Ada banyak penginapan yang bisa anda gunakan bermalam di sekitar lokasi.

Penginapan di area ini memiliki harga yang sangat terjangkau, yakni sekitar Rp100.000 hingga Rp500.000 per malam, sesuai dengan fasilitas yang disediakan.

Mushala

Anda tidak perlu khawatir lupa waktu dan lalai dari ibadah wajib ketika berlibur di pantai ini, karena Ada sebuah mushala yang bisa digunakan untuk melaksanakan salat sunnah dan fardhu selama berlibur.

Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo, tepatnya di desa Kalak. Dari pusat kota Pacitan, Anda masih harus menuju ke arah barat sekitar 35 kilometer untuk sampai di desa ini.

Rute menuju lokasi sangat rumit, karena Anda harus melewati jalan yang sempit dan sulit dilalui kendaraan besar. Selama perjalanan menuju lokasi, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan bukit yang indah.

Tiket masuk yang dikenakan oleh wisatawan cukup terjangkau, bahkan dibedakan antara dewasa dan anak-anak. Untuk dewasa tarifnya hanya Rp10.000 dan anak-anak Rp5.000.

Sementara, untuk memarkirkan kendaraan di area ini hanya dikenakan tarif parkir Rp2.000 untuk roda dua dan Rp5.000 pada roda 4.

Keindahan Pantai Klayar memang sebanding dengan sulitnya menuju lokasi ini. Walaupun jarang dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, namun bentang alam yang disajikan sangat indah dan natural.

Area ini sangat cocok untuk memanjakan mata serta menenangkan pikiran setelah sebelumnya sibuk dengan aktivitas di hari kerja.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *