Pantai Parangtritis, Aktivitas, Lokasi, dan Harga Tiket

2 min read

pantai parangtritis

Pembahasan mengenai pantai, memang tidak bisa lepas dari pemandangan ombak, biota laut serta pasir indah yang ada di dalamnya.

Namun, dari sekian banyak pantai di Indonesia, ada beberapa yang memiliki keunikan dari segi mitos yang berkembang di area pantai, salah satunya adalah pantai Parangtritis.

Pantai ini memiliki misteri yang sangat kental di dalamnya, bahkan dikuatkan dengan ditemukannya beberapa korban terkait mitos tersebut.

Namun dibalik misteri yang dikeramatkan ini, ada banyak keindahan alam yang bisa dinikmati wisatawan, sehingga objek wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Sekilas Tentang Pantai Parangtritis

Parangtritis merupakan salah satu pantai legendaris yang ada di Yogyakarta. Sebagai salah satu pantai di laut selatan, air di pantai ini memiliki gelombang ombak yang tinggi, sehingga beberapa kali memakan korban dari pengunjung yang nekat berenang di laut.

Selain itu, mitos yang kental dan sangat terkenal dari Pantai Parangtritis adalah mengenai keberadaan Nyi Roro Kidul.

Oleh sebab itu, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi pengunjung, seperti tidak boleh menggunakan pakaian berwarna hijau, serta tidak bicara kotor.

Baca juga

Pantai Indrayanti, Keindahan Alam dengan Fasilitas Lengkap

Pantai Baron, Aktivitas, Rute, Daya Tarik (Lengkap)

Aktivitas Menarik di Area Pantai

Sebagai salah satu objek wisata yang dekat dengan air dan pasir, ada beragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai, walaupun pengunjung tidak bisa mandi di air laut, kegiatan tersebut meliputi:

Bermain Air dan Pasir

Seperti wisata pantai pada umumnya, Pantai Parangtritis juga bisa dikunjungi bersama keluarga untuk bermain air dan pasir.

Namun pengunjung tetap harus berhati-hati dalam bermain air di laut, serta jangan melanggar larangan yang berlaku di area pantai.

Menikmati Pemandangan Sunset

Salah satu daya tarik pantai yang diminati banyak pengunjung adalah pemandangan matahari terbenam, yang bisa terlihat jelas ketika cuaca cerah.

Menyaksikan sunset bersama pasangan kerap kali dilakukan wisatawan di pantai ini, ketika menjelang senja karena suasana nya yang terasa romantis.

Berkeliling dengan Kereta Kuda

naik kuda di parangtritis
naik kuda di parangtritis, image : jejakpiknik

Salah satu ciri khas dari Kota Yogyakarta adalah adanya kendaraan berupa kereta kuda yang dijadikan alat transportasi.

Tidak heran, jika di sekitar pantai banyak disewakan kereta kuda khusus untuk wisatawan berkeliling pantai.

Mengendarai ATV

atv parangtritis
naik atv di pantai parangtritis, image : idetrips

Jika suka permainan yang memacu adrenalin, Anda bisa mencoba ATV yang disewakan di sekitar pantai.

Bobot ATV jauh lebih berat dari motor, sehingga pengendalian yang baik dibutuhkan dalam mengendarainya melawan gundukan pasir.

Fasilitas Pantai

Setiap objek wisata memiliki fasilitas yang berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung selama beraktivitas, demikian juga dengan Pantai Parangtritis, beberapa fasilitas tersebut yaitu:

  • Toilet dan Kamar Bilas

Walaupun tidak boleh mandi di pantai, namun tidak menutup kemungkinan anggota tubuh termasuk rambut akan terkena air laut serta pasir.

Oleh sebab itu, di area wisata sudah disediakan kamar bilas serta toilet.

  • Mushola

Sebagai daerah yang penduduknya mayoritas muslim, maka tempat wisata ini sudah menyediakan musala bagi pengunjung yang ingin mengerjakan salat.

Walaupun kecil, namun musala ini selalu bersih dan dirawat oleh petugas sehingga nyaman digunakan.

  • Warung makan

Ada banyak warung makan yang tersedia di sekitar lokasi wisata untuk memenuhi rasa lapar Anda setelah lelah bermain di pantai.

Menu yang disediakan juga sangat beragam, dengan harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan.

  • Penginapan

Jika ingin bermalam di sekitar Pantai Parangtritis, Anda bisa memilih banyak penginapan dekat lokasi ini.

Mulai dari yang kecil berbentuk losmen, villa, hingga hotel yang mewah, sesuai dengan kenyamanan pengunjung.

Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Parangtritis berlokasi di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, maka harus menempuh jarak sekitar 27 kilometer menuju ke arah selatan kota.

Rute menuju lokasi terbilang sangat mudah, bahkan Anda bisa sampai ke pantai ini hanya dengan menggunakan transportasi umum.

Sementara itu, harga tiket masuk yang dikenakan setiap pengunjung adalah Rp10.000. Sedangkan jika menggunakan kendaraan, maka akan dikenakan tarif untuk parkir motor Rp2.000 dan untuk mobil Rp5.000.

Pantai ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00.

Jika Anda penggemar pantai, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Parangtritis yang ada di daerah istimewa Yogyakarta ini .

Selain pemandangan pantai yang indah, Anda bisa berjalan-jalan di daerah sekitar pantai yang masih kental dengan adat Jawanya.

Anda juga bisa mengetahui langsung pemandangan pantai yang terkenal sebagai tempat persemayaman Nyi Roro Kidul.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *