Gambar Pulau Pahawang Lampung, Lokasi, Daya Tarik, dan Fasilitas

2 min read

cottage pulau pahawang

Pernahkah Anda mendengar Pulau Pahawang? Mungkin beberapa orang masih asing dengan nama pulau tersebut. Akan tetapi siapa sangka, jika pulau tersebut ternyata menyimpan panorama alam yang begitu indah.

Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata di Lampung Selatan yang menawarkan keindahan pantai dan pulau yang memesona.

Kini, wisata bahari ini sudah sangat populer di masyarakat, bahkan memperoleh julukan serpihan surga yang jatuh ke bumi dan tersembunyi.

Pahawang memiliki pemandangan bawah laut yang menawan, sehingga sering dijadikan spot snorkling oleh para wisatawan.

Fakta Pulau Pahawang Lampung

Lokasi

Pulau ini merupakan kepulauan yang berada di teluk Punduh, Kec. Marga Punduh Pindada, Kab. Pesawaran, Lampung Selatan. Tak hanya itu, pulai ini terdapat dua lokasi yaitu Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar. Keduanya sama-sama memiliki panorama yang eksotis.

Penduduk Lokal

Pulau Pahawang masih jarang penduduknya, di pulau tersebut hanya ada enam desa yang sebagian penduduknya adalah transmigran dari Pulau Jawa saat Orde Baru. Masyarakat tersebut memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berprofesi sebagai nelayan dan pengelola homestay.

Taman Nemo

taman nemo pulau pahawang

Taman ini adalah keunikan dari Pahawang, Anda dapat berenang bersama ikan nemo sembari menikmati indahnya terumbu karang. Selain itu, di dasar laut juga dihiasi gapura dan candi mini buatan penduduk setempat.

Keelokan terumbu karang di laut Pahawang juga mendapat campur tangan masyarakat setempat. Mereka membudidayakan dan menjaga kelestarian terumbu karang sejak tahun 2010. Kebersihan pantai dan laut sangat mereka jaga untuk menciptakan ekosistem yang seimbang.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Anda dapat mengunjungi Pahawang kapanpun sepanjang tahun, namun biasanya waktu terbaik untuk berlibur di pulau ini adalah bulan Mei hingga Agustus. Anda harus menghindari musim angin barat jika hendak mengunjungi Pahawang, sebab ombaknya sangat besar.

Baca juga

Wisata Pulau Tegal Mas Lampung

Rute Menuju Pahawang

Untuk sampai ke Pahawang, waktu tempuh yang diperlukan adalah sekitar 2 jam, jika berangkat dari Bandar Lampung. Untuk tiba di Bandar Lampung sendiri, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Rute Kendaraan Pribadi

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, setelah tiba di Pelabuhan Bakauheni, Anda dapat melanjutkan ke Bandar Lampung dengan mengambil rute ke Bunderan Gajah. Ambil jalur lurus menuju Teluk Betung, kemudian Way Rantai atau Padang Cermin.

Anda juga harus memperhatikan penunjuk jalan yang ada di sepanjang jalan menuju Dermaga Ketapang. Jika telah sampai di dermaga, supaya tidak tersesat. Anda harus menyewa kapal boat untuk menyeberang dan menikmati wisata di Pahawang.

Rute Kendaraan Umum

Apabila Anda dari Pelabuhan Bakauheni, untuk sampai ke Bandar Lampung, Anda dapat menggunakan bus yang lokasi pemberhentiannya di Terminal Rajabasa. Setelah itu dilanjutkan menggunakan angkot berwarna biru jurusan Rajabasa–Tanjung Karang dan berhenti di Pasar Bawah Ramayana.

Masih belum sampai, Anda harus naik angkot lagi yang berwarna merah marun atau ungu, dengan jurusan Tanjung Karang-Teluk Betung dan berhenti di Gudang Garam. Setelah itu, Anda menuju Dermaga Ketapang dengan angkutan pick up. Untuk tiba di Pahawang, Anda harus menaiki kapal boat dengan waktu tempuh 20-30 menit.

Penginapan di Pahawang

cottage pulau pahawang

Terdapat empat villa yang dapat Anda sewa dengan kisaran harga 2,5 – 3,5 juta rupiah per malam, termasuk biaya makan. Untuk satu villa dapat dihuni oleh 15-40 orang. Seluruh penginapan dan akomodasi wisata tersebut berada di tiga dusun utama Pahawang Besar yaitu Jelarangan, Pagetahan dan Cukuh Nyai.

Jika villa terlalu besar, maka Anda dapat menyewa homestay dengan kisaran harga 600 ribu sampai 1,5 juta rupiah. Terdapat sekitar 50 homestay yang tersedia di Pulau Pahawang dengan fasilitas menarik. Selain melakukan snorkling, Anda juga dapat menikmati sunrise maupun sunset di pantai. Terdapat pula hutan mangrove dengan beragam flora dan fauna khas di dalamnya.

Alasan Harus Berkunjung ke Pulau Pahawang Lampung

  1. Panorama bawah laut yang memesona.
  2. Air laut jernih dan dangkal cocok untuk snorkling.
  3. Pasir pantai putih dan bersih.
  4. Instagrammable.
  5. Ekonomis .
  6. Tidak padat penduduk.
  7. Terdapat budidaya ikan kerapu.
  8. Kuliner seafood khas Lampung yang menggugah selera.

Ulasan sekilas tentang Pahawang di atas telah memberi Anda gambaran betapa memesonanya wisata bahari tersebut bukan? Destinasi ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan ketenangan.

Selain karena penduduknya yang masih sedikit, Pahawang juga masih jarang dikunjungi karena tempatnya yang tersembunyi.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *